Galang-Satrio

Adaptability Test

GSAT adalah pengukuran psikologis berbasis online yang dapat membantu Anda dalam memetakan karyawan potensial, mempercepat proses perekrutan, dan melihat adaptabilitas dengan singkat dan mudah.

Hubungi Kami

Dasar Teori

Latar Belakang
Galang - Satrio Adaptability Test (GSAT) adalah alat tes adaptabilitas yang dikembangkan sebagai tanggapan terhadap kebutuhan organisasi untuk mengukur tingkat adaptabilitas individu dalam menghadapi perubahan yang cepat dan tidak terduga di lingkungan kerja, sebagaimana termanifestasi dalam fenomena VUCA (Volatile, Uncertainty, Complexity, Ambiguity).

Dalam dunia VUCA yang kerap melakukan perubahan drastis sehingga dapat memicu stres, menuntut adanya konsep baru yang menggali potensi pegawai dalam menghadapi perubahan, seperti agility dan adaptabilitas. Agility, sebagai kemampuan dan kemauan untuk mempelajari kompetensi baru, dan adaptabilitas, sebagai kemampuan individu untuk merespons perubahan situasi dengan tepat, menjadi fokus penting dalam mengukur kesiapan individu menghadapi tantangan kerja yang berubah dan dinamis (Ployhart & Bliese, 2006; Lombardo & Eichinger, 2000).

Terdapat sebuah tes yang mampu mengungkap kemampuan adaptasi seseorang ketika menghadapi situasi yang memicu stres, yaitu tes Kraepelin. Namun tes ini tidak mampu memunculkan perubahan fisiologis yang mengindikasikan terjadinya stres, serta masih berbentuk paper-based dan fixed-item, yang membuat proses administrasi tes dan skoring menjadi sulit, dan minimnya jaminan kerahasiaan tes (Sugimoto et al., 2009). Pengembangan alat tes adaptabilitas yang menggabungkan prinsip-prinsip teori adaptabilitas dengan teknologi komputer menjadi langkah penting dalam mengukur adaptasi individu dalam menghadapi situasi kerja yang berubah dan penuh tekanan (Lufityanto, 2019).

Pengembangan Tes
GSAT disusun untuk menyikapi kekurangan dari tes Kraepelin. Pengukuran performa kognitif peserta dalam GSAT didasarkan pada pengerjaan tugas kognitif sederhana, seperti tugas numerik, yang memberikan gambaran tentang bagaimana peserta mempertahankan kemampuan kognitifnya dalam situasi tes yang berubah dan penuh tekanan. Penggunaan algoritma komputer dalam memberikan aitem tes kepada peserta (Computerized Adaptive Test; CAT) memastikan bahwa tingkat kesulitan stimulus numerik disesuaikan dengan kemampuan peserta, sehingga memberikan informasi yang akurat tentang tingkat adaptasi individu.

Pengembangan GSAT melibatkan pendekatan ilmiah yang melibatkan beberapa metode, termasuk pengembangan model konstruk performa, pilihan tugas kognitif yang sesuai, dan pemanfaatan teknologi algoritma komputer untuk otomatisasi proses administrasi dan skoring. Ini sesuai dengan pandangan Frey (2018) yang menekankan bahwa alat tes seperti GSAT dapat memberikan hasil yang objektif melalui tugas-tugas kognitif sederhana. Selain itu, penggunaan algoritma komputer dalam memberikan aitem tes secara adaptif menggambarkan pendekatan model Item Response Theory (IRT) dalam pengukuran adaptabilitas individu (Zhang et al, 2020). Dengan demikian, pengembangan GSAT menggabungkan prinsip-prinsip teori adaptabilitas dengan teknologi komputer untuk menciptakan alat tes yang efektif dalam mengukur adaptabilitas individu dalam menghadapi situasi kerja yang berubah dan penuh tekanan.

Tujuan & Manfaat

  • Galang-Satrio Adaptability Test (GSAT) adalah alat tes psikologi untuk mengukur adaptabilitas/kemampuan individu dalam beradaptasi saat menghadapi perubahan dan situasi penuh tekanan.
  • Dapat digunakan untuk keperluan rekrutmen, seleksi, mutasi, evaluasi, maupun promosi jabatan karyawan.

Aspek-Aspek Pengukuran

Kecepatan Kerja Rata-rata waktu yang dibutuhkan individu untuk menyelesaikan tugas dalam kondisi normal.
Ketelitian Kerja Tingkat akurasi yang ditunjukkan individu untuk menyelesaikan tugas dalam situasi kerja penuh tekanan.
Keajegan Kerja Konsistensi individu dalam menjaga kinerjanya dalam situasi kerja penuh tekanan.
Ketahanan Kerja Tingkat ketahanan individu dalam menyelesaikan tugas dalam situasi kerja penuh tekanan.

Pelaksanaan Tes

... Durasi:

30 menit

... Akses:

Online

... Pengerjaan:

Klasikal/Individu

1. Peserta menggunakan komputer yang terhubung ke internet untuk mengakses situs tes GSAT melalui browser dalam mode incognito.

2. Peserta membuka tes menggunakan token yang diberikan oleh tester.

3. Peserta mengerjakan soal-soal berupa penjumlahan sederhana dengan cepat dan tepat menggunakan tombol-tombol angka pada keyboard.

4. Untuk soal dengan jawaban lebih dari satu digit, peserta cukup memasukkan digit satuannya saja.

5. Soal-soal disajikan dalam format beberapa kolom sekaligus. Apabila peserta telah menyelesaikan soal-soal pada sebuah kolom, otomatis akan melanjutkan ke kolom berikutnya.

6. Terdapat dua tahap dalam tes GSAT: (1) Tahap pertama, peserta menjawab hingga ujung kolom paling bawah kemudian berpindah ke kolom berikutnya; (2) Tahap kedua, ada waktu mengisi untuk menyelesaikan soal di setiap kolom, apabila peserta belum menyelesaikan soal pada sebuah kolom ketika waktu sudah habis, otomatis ia akan berpindah ke kolom berikutnya.

Keunggulan Tes

...
...

Proses Administrasi dan Skoring Otomatis

...

Instruksi mudah dipahami sehingga dapat dilakukan oleh peserta secara mandiri kapan pun.

...

Sistem skoring dan intepretasi dikerjakan otomatis. Hasil pemeriksaan pun dapat selesai dalam beberapa detik saja.

...

Sudah saatnya psikolog menghabiskan banyak waktu untuk terlibat dalam hal yang lebih strategis dan lebih makro.

Frequently Asked Question

GSAT dapat diakses dengan kecepatan internet 256kb/s sehingga hanya membutuhkan koneksi internet yang tidak begitu besar.

Rata-rata kecepatan 30-60 menit setelah rekanan melaporkan pelaksanaan tes kepada administrasi kami.

Algoritma komputer pada GSAT membantu melakukan randomisasi sehingga soal akan diberikan secara acak dan berbeda-beda.

Tes ini dapat digunakan oleh siswa SMP sampai dengan karyawan senior dengan usia 50 tahun ke atas dengan norma yang berbeda di setiap jenjangnya.

Tidak, saat ini GSAT hanya dapat digunakan dengan laptop atau pc.

Kami menyediakan beberapa tugas latihan, tugas tersebut tidak akan dinilai, yang berguna untuk membantu user / partisipan beradaptasi dengan bentuk tugas yang diberikan.